Rabu, 01 Mei 2013

Teknologi Mekanik

ALAT PERKAKAS TANGAN
ALAT-ALAT KERJA ( JENIS, FUNGSI DAN  CARA PENGGUNAAN )
Pengenalan dan pengertian cara menggunakan alat pertukangan listrik merupakan dasar pengetahuan dalam
bidang teknik listrikSalah memilih atau salah menggunakan alat kerja selain dapat dapat merusak bahan yg dikerjakan dapat juga membahayakan keselamatan pemakainya. Oleh karena itu pengenalan alat kerja instalasi listrik mutlak dikuasai, oleh orang yg akan memasang instalasi listrik.
Dibawah ini adalah alat-alat perkakas yang sering digunakan berikut fungsinya :  

1. TANG.
  Tang adalah alat yg digunakan untuk memegang benda kerja. Tang terbuat dari baja dan pemegangnya dilapisi dengan karet keras.
  Jenis-jenis Tang :
  a.  Tang kombinasi.
      Tang kombinasi digunakan untuk memegang,memuntir dan memotong benda kerja, misal kawat penghantar (kabel). Penggunaan tang kombinasi  tidak boleh memotong kabel dengan cara tang dipukul dengan palu, karena akan merusak palu
  b.  Tang potong
      Tang potong khusus dipakai untuk memotong kawat/kabel.


 c.  Tang lancip
     Tang lancip digunakan untuk memegang benda kerja yag kecil, bisa juga digunakan untuk membuat mata sambungan. Biasanya tang lancip juga dilengkapi dengan pemotong kabel.
d.Tang bulat .
  Tang bulat khusus digunakan untuk membuat mata sambungan ( mata itik ) pada ujung kabel . Kepala tang berbentuk silinder ( bulat )

e.Tang pemegang.
  Tang ini dirancang khusus untuk memegang benda kerja. Tidak dilengkapi dengan bagian pemotong.
f.Tang Kakaktua
  Tang kakaktua khusus digunakan untuk memegang atau mencabut paku.
 
 
2. OBENG
   Obeng adalah alat tangan yg digunakan untuk memutar sekrup. Batang obeng dibuat dari baja,sedang pemegangnya dibuat dari bahan penyekat seperti kayu,plastik,atau karet keras. Mata obeng dibedakan menjadi 2 macan,yaitu obeng pipih ( minus ) dan obeng bintang ( plus ).
  


- Test Pen
  Test Pen adalah obeng yg dilengkapi dengan lampu sinyal. Test Pen hanya sekedar untuk mengetahui adanya  tegangan pada suatu penghantar listrik, tidak untuk mengetahui besar tegangan listrik.

 
3. PALU
  Palu atau martil adalah alat yg digunakan untuk memukul benda kerja, misalnya paku. Palu terdiri dari 2 bagian yaitu kepala dan tangkai. Kepala dibuat dari baja, plastik, karet, kayu, tembaga. Tangkai umumnya dibuat dari kayu.
  Macam palu :
   a.  Palu paku ( Nail Hammer )
      Palu ini terdiri dari 2 bagian, bagian muka yg rata digunakan untuk memukul paku, sedang bagian cakar digunakan untuk mencabut paku.
 
 

  b. Palu bulat .
      Kepala palu terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian yg rata digunakan untuk memukul benda kerja, sedang bagian yg bulat digunakan untuk membuat cekungan pada benda kerja.



Nah, itulah beberapa alat-alat perkakas yang sering digunakan untuk instalasi listrik. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar